Manfaat Menulis untuk Mengintegrasi Pengalaman Hidup



Di jaman kini, kamu menjalani kehidupan dengan ritme yang cepat. Hal ini dapat mengakibatkan kamu merasa dirimu dan kehidupanmu tidak utuh, melainkan terpecah-pecah. Dalam kehidupan yang serba cepat ini, kamu memperoleh banyak pengalaman. Pengalaman-pengalaman ini datang dan pergi dengan begitu cepat, sehingga kamu tidak sempat mencerna.

Ada satu cara untuk memudahkan kamu mencerna dan mengintegrasikan pengalaman-pengalaman hidupmu. Cara ini adalah dengan menempatkan pengalaman-pengalaman ini ke dalam gambaran kehidupan yang lebih besar. Selain itu, kamu juga perlu untuk memperlambat hidupmu. Cara ini dapat memudahkan dirimu untuk meraih keutuhan (integrasi).

Menulis (jurnal) dapat membantumu untuk mengintegrasi pengalaman-pengalaman hidup. Kiat pertama: menulislah dengan jujur. Jangan mencoba untuk berpura-pura bahwa segalanya akan baik-baik saja. Tulis saja apa adanya.

Sehubungan dengan menulis (jurnal) untuk memudahkan kamu mengintegrasi pengalaman hidup, menulis (jurnal) dapat membantumu untuk menggeser fokus, menempatkan apa yang kamu alami sekarang ke dalam konteks dan perspektif lebih besar. Dengan menempatkan pengalaman-pengalaman ke konteks lebih besar, maka ini dengan sendirinya kamu kembali pada keutuhan atau integrasi diri.

Menulis (jurnal) dapat menjadi penyelamat, karena mengeluarkan kamu dari “maze” pengalaman hidup yang berlika-liku dan beraneka-ragam. Menulis (jurnal) akan mengembalikan kamu pada terang dan keutuhan. Juga lewat menulis (jurnal), kamu semakin mudah untuk menyusuri alur perubahan, lewat mencatat proses perubahan ini. Kepingan-kepingan pengalaman hidup menjadi lebih mudah untuk dicerna dan dimengerti.

Disadur dari:
Cameron, Julia. The Right to Write: An Invitation and Initiation into the Writing Life. New York: Jeremy P. Tarcher/Putnam. 1998. 

Akun FB: Bonifasius Sindyarta
Memberi jasa terjemahan “Inggris – Indonesia & Indonesia – Inggris” yang bermutu dengan harga terjangkau, untuk buku (psikolog populer, motivasi, pengembangan diri, novel, dll), berbagai artikel ilmiah & non ilmiah.
Anda dapat menghubungi saya lewat email di: bsindyarta@yahoo.com

Komentar