Berdamai dengan Derita Masa Lalu



Kita bisa berdamai dengan penderitaan masa lalu. Apakah Anda punya alur penderitaan masa lalu? Seperti apa alur penderitaan itu? Usahakan berdamai dengan penderitaan itu. Apakah Anda merasa pikiran Anda tersita untuk memikirkan alur penderitaan yang berkepanjangan itu? Apakah sudah bertahun-tahun Anda mengalaminya dan ini membuat Anda sulit move-on?

Sebenarnya ada satu teknik yang cukup mudah untuk berdamai dengan penderitaan Anda. Ini teknik yang sederhana, namun menuntut Anda untuk masuk ke dalam diri Anda, dan Anda perlu jujur dengan diri sendiri mengenai perasaan-perasaan Anda, dan apa persisnya, atau lebih tepatnya, pikiran-pikiran apa (dalam bentuk penafsiran terhadap kejadian dan orang lain – sikap atau perbuatan mereka), yang membuat Anda menderita. 

Ini tekniknya, sangat sederhana. Kumpulkan semua penderitaan Anda (penafsiran terhadap kejadian, sikap dan perlakuan orang lain), menjadi sebuah alur kehidupan yang panjang. Duduklah, atau berbaringlah, lalu hadapkan itu pada Tuhan. Biarkan Tuhan mengaliri diri dan tubuh Anda dengan rahmat-Nya, dengan kasih karunia-Nya. Biarkan aliran rahmat dan kasih karunia ini membasuh semuanya. Bila Anda merasa ada yang perlu diampuni, ampuni hari ini juga, kalau bisa. Namun kalau Anda belum bisa mengampuni, biarkan dulu dan biarkan Tuhan bekerja dalam rahmat-Nya. Tunggulah di lain kesempatan untuk mengampuni kejadian dan orang lain. Biarkan rahmat dan kasih karunia ini bekerja. Biarkan diri Anda dibersihkan dan dimurnikan oleh aliran ini. Luangkan waktu khusus untuk melakukan ini. Maka, Anda pun diperbaharui, dari hari ke hari. Pikiran Anda jadi lebih jernih, sel-sel tubuh Anda pun diperbaharui.

Teknik ini sangat berhubungan dengan kesadaran. Kesadaran tidak dapat dilepaskan dengan pikiran. Bila kesadaran Anda berubah, maka pikiran Anda pun berubah. Ini lalu mempengaruhi kelakuan, sikap, perkataan Anda pada orang lain, dan pilihan-pilihan yang Anda buat, juga persepsi Anda pada kehidupan dan dunia. Selanjutnya, ini mempengaruhi sikap, perilaku, dan perkataan orang lain pada Anda. Hidup Anda pun berubah ke arah positif, dan garis kehidupan Anda naik, mutu kehidupan Anda menjadi lebih baik, dan nasib Anda pun berubah ke arah yang lebih baik. Dalam jangka panjang, deviasinya akan semakin besar, dibanding kalau Anda tidak melakukan teknik ini dan terus berkubang dalam pikiran negatif dan penderitaan, tanpa membersihkan diri sehingga Anda sulit move on, dan “get stuck.”

Cobalah, dan alami sendiri manfaatnya.

Apakah Anda merasa artikel ini bermanfaat? Kalau Anda bersedia, silahkan men-sharing-kan pengalaman Anda pada saya di: bsindyarta@yahoo.com

Kerahasiaan pengalaman Anda akan dijaga.

Komentar