Stress Management



Stress Management adalah suatu bagian dari ilmu psikologi yang mempelajari tentang cara pengelolaan stress pada diri seseorang. Orang stress bisa disebabnya oleh banyak hal. Relasi dengan orang lain berperan sangat besar, dapat sangat mempengaruhi orang mengalami stress. Masalah pekerjaan & keuangan juga adalah dua area yang sangat besar peranannya pada tingkat stress seseorang.

Stress dapat menyebabkan orang mengalami gangguan konsentrasi, sulit tidur, depresi, mudah marah, mengalami gangguan relasi dengan orang lain, dan depresi. Orang yang mengalami gangguan konsentrasi dan depresi akan sulit bekerja dan terhambat produktifitasnya. Orang yang mengalami depresi merasa dirinya kurang tenaga untuk menghadapi kehidupan & untuk move on. Ia kesulitan untuk berjuang dan tekun untuk menghadapi kesulitan & tantangan hidup sehari-hari. Maka yang harus diubah adalah pola pikirnya dan sikapnya dalam menghadapi tekanan stress.

Mengubah pola pikir memang tidak mudah, karena pola pikir ini mungkin sudah sangat mengakar lewat pembelajaran selama bertahun-tahun. Kalau Anda punya waktu cukup banyak, Anda dapat menelusuri akar dari pola pikir ini. Dengan kata lain, menelusuri akan penderitaan Anda yang terdalam. Kalau sudah tiba di situ, keyakinan apa yang Anda temukan di sana? Inilah sebenarnya akar dari semua stress yang Anda alami. 

Kalau Anda sudah berdamai dengan akar penderitaan Anda yang terdalam, harapannya Anda bisa lebih mudah untuk move on dan mengalami stress lebih ringan. Kalau Anda bisa move on, Anda akan bisa membangun masa depan yang lebih baik, kualitas hidup Anda pun meningkat, dan Anda pun lebih bahagia.

Apakah Anda saat ini sedang mengalami tekanan stress. Mungkin saya bisa membantu. Silahkan menghubungi saya di: bsindyarta@yahoo.com

Komentar