Manfaat-Manfaat Bersyukur



Bersyukur setiap hari untuk apa yang Anda punya itu mengandung kekuatan untuk mengubah hidup Anda.

Apakah Anda sadar bahwa sebagian orang mensyukuri dan menghargai apa saja yang mereka punya, sedangkan sebagian orang lain mengeluh tentang apa yang tidak mereka punyai? Anda tergolong orang yang mana? Apakah Anda melihat gelas separuh kosong atau separuh penuh? Cara pandang Anda sangat mempengaruhi tingkat kebahagiaan Anda dan pola pikir Anda.

Berkumpul bersama keluarga dan teman untuk makan bersama memang menyenangkan, namun meluangkan waktu untuk melakukan refleksi tentang kelimpahan yang Anda punya dan peroleh setiap hari juga menyehatkan. Perasaan bahagia dan sejahtera lebih penting daripada status dan harta milik. Kekayaan materi bukan penentu kebahagiaan. Kebahagiaan adalah ketenangan pikiran, dan sering sekali hal ini dilupakan dalam kehidupan berirama cepat ini. Terutama justru pada musim liburan, masa paling penuh tekanan dalam setahun.

Setiap hari kita menghadapi cobaan, tidak perlu ada peristiwa lolos dari bencana angin topan atau berhasil bangkit dari suatu tragedi supaya Anda menjadikan sikap bersyukur sebagai rutinitas setiap hari. Ciri yang menentukan orang-orang yang dapat mengatasi rintangan adalah ciri yang juga dimiliki oleh orang yang hidupnya bahagia, sehat, dan produktif.
Iman: kepercayaan atau keyakinan pada sesuatu yang lebih besar dari diri Anda, entah itu, Tuhan, keluarga, kekuatan lebih tinggi, atau suatu perkara.

Harapan: pemahaman bahwa betapa pun suramnya keadaan saat ini, ada suatu keyakinan bahwa keadaan ini akan membaik.

Kasih: entah itu sifatnya perorangan, keluarga atau kelompok, adalah perasaan kasih terhadap satu sama lain dapat sungguh memperkaya kehidupan Anda lewat cara yang tak terhitung banyaknya.

Bersyukur: berterima-kasih untuk hal-hal yang Anda punya, daripada menjadi pahit untuk apa yang tidak Anda punya.

Jadi, apakah Anda berterima-kasih secara rutin untuk kekayaan dalam hidup Anda? Jika tidak, ini tetap bukan akhir dari segalanya. Sikap bersyukur dapat dipelajari, dikembangkan, dan diterapkan. Ini menghasilkan rasa sejahtera, optimisme, dan kebahagiaan. Bukan itu saja, kalau anak-anak melihat orangtua mereka punya sikap bersykur, mereka lebih cenderung untuk menjadi anak-anak yang mudah bersykur juga.

Mulai hari ini, Anda mungkin mau melakukan saran-saran berikut ini dalam kehidupan Anda sehari-hari:
-        
       Setiap pagi saat bangun tidur, syukuri hal-hal yang masih patut Anda syukuri. Lakukan hal ini setiap pagi secara teratur, maka Anda pasti mengawali hari Anda dengan pikiran lebih positif untuk sepanjang hari.
-          Kita semua pasti pernah mengalami hari-hari buruk dalam hidup ini, karena hidup memang tidak sempurna. Saat Anda menerima benturan dalam kehidupan, jangan terus memikir-mikirkan dan menganalisa betapa buruknya nasib Anda, namun tuliskan hal-hal baik yang patut Anda syukuri. Melihatnya ini dalam tulisan, dan bahkan menuliskannya dapat memberi efek menenangkan dan berfungsi sebagai katarsis.
-          Syukuri setiap tantangan dan kesulitan dalam kehidupan Anda, karena justru ini mengandung pelajaran-pelajaran dan memberi kita kesempatan untuk tumbuh. Pandanglah setiap tantangan dan kesulitan sebagai kesempatan untuk belajar dan meraih kehidupan lebih baik.
-          Syukuri untuk setiap hal yang Anda miliki, daripada merasa iri pada hal-ha, benda-benda dan berkat-berkat yang orang lain miliki, syukuri untuk semua apa yang Anda miliki. Selalu ada orang-orang yang punya lebih dan orang-orang yang punya lebih sedikit. Syukuri bahwa sampai saat ini Anda punya cukup dan tidak berkekurangan.
-          Akhirnya, bantulah orang lain. Setiap kali Anda melihat orang yang kurang beruntung, bantulah ia, meski itu cuma menyapa, memberi senyuman, dan memberi kata-kata pendorong semangat. Untuk melakukan ini, Anda tidak perlu menjadi orang yang taat pada agama, yang dibutuhkan adalah kerelaan dan ketulusan.

Maka, saat Anda sedang memikirkan keadaan perekonomian yang sulit, sulitnya mencari pekerjaan, beratnya persaingan dan konflik dalam pekerjaan, keadaan yang tidak berjalan sesuai dengan keinginan Anda, kehadiran orang-orang yang Anda rasa membebani dalam kehidupan Anda, arahkan fokus perhatian Anda pada apa yang Anda yakini: iman Anda, orang-orang yang Anda kasihi dan membuat hidup Anda lebih bermakna, harapan-harapan yang tokh masih Anda pegang untuk kehidupan yang lebih baik di masa depan. Luangkan waktu di sela-sela pekerjaan atau sambil Anda bekerja untuk mensyukuri semua kebaikan dan hal-hal baik yang Anda punya dalam kehidupan Anda.

Hidup adalah sebuah karunia. Kebebasan adalah suatu karunia. Teman-teman, sahabat dan orang-orang yang kita kasihi adalah karunia. Nafas yang sedang Anda hirup saat ini adalah karunia. Memandang kehidupan dengan lensa penuh syukur akan menumbuhkan suatu wawasan (insight) bahwa kehidupan tidak berhutang apa pun pada Anda, sehingga dengan efek positif dari rasa dan sikap bersykur semakin nyata dalam hidup Anda.

Diahlihbahasakan dan diolah dari “The Benefits Of Gratitude” by Dale Archer, M.D.
Oleh: Boni Sindyarta, Psi
 
Sumber: https://www.psychologytoday.com/blog/reading-between-the-headlines/201311/the-benefits-gratitude

Komentar