Consciousness & Awareness



Consciousness adalah juga awareness. Kesadaran tentang diri sendiri, dunia serta berbagai kemungkinan-kemungkinannya, serta kapasitas dan kemampuan-kemampuan kita yang luarbiasa; untuk memeriksa, mengevaluasi dan memodifikasi pikiran-pikiran, perasaan-perasaan, dan prilaku kita sendiri. Saat kita mengatakan bahwa seseorang kehilangan kesadaran, ini artinya dia kehilangan kesadaran akan dirinya sendiri dan lingkungannya.

Dunia tempat kita hidup adalah produk dari kesadaran. Jika kesadaran kita terbatas, maka terbatas pula kita mengalami dunia.

Sejauh kita punya kemampuan untuk berpikir sendiri, kita dapat mengangkat diri kita ke tingkat kesadaran lebih tinggi. Saat ini terjadi, persepsi kita tentang dunia di sekitar kita pun berubah, dan ini tidak cuma terbatas pada persepsi. Telah dapat dibuktikan secara ilmiah bahwa saat pikiran-pikiran kita tentang dunia di sekitar kita berubah, maka banyak hal dalam hidup kita juga berubah.

Saat kita telah menangkap kebenaran bahwa kita menciptakan dunia dari dalam keluar, kita pun merasa lebih diberdayakan. Kita pun tahu bahwa kita ujung-ujungnya tidak ditentukan oleh situasi dan keadaan luar, namun kita lebih ditentukan oleh nilai-nilai yang kita anut secara internal dan hasrat-hasrat kita.

Dialihbahasakan & diolah dari “365 Steps to Practical Spirituality” by David Lawrence Preston
Oleh: Boni Sindyarta, Psi

Untuk jasa layanan terjemahan dari Bahasa Inggris ke dalam Bahasa Indonesia dan sebaliknya, atau konsultasi psikologi berkualitas dengan harga terjangkau, silahkan menghubungi saya di: [bsindyarta@yahoo.com] untuk memperoleh informasi lebih lanjut.

Komentar