5 Alasan Orang Takut Membuat Blog & Menulis di Blog



Membuat blog sekarang menjadi semakin mudah. Namun orang-orang di seluruh dunia yang ingin menulis di blog rasanya takut untuk mulai menulis dan menekan tombol “terbitkan” (publish).

Rasanya mudah saja bahwa ide untuk menulis di blog hanya sebatas di kepala saja dan kita mencari-cari alasan untuk tidak benar-benar menulis di blog.

Banyak penulis yang sebenarnya ingin memiliki blog tapi tidak tahu caranya. Mereka melontarkan berbagai alasan mengapa mereka tidak membuat blog dan mulai menulis di blog mereka.

Blogging memang butuh waktu, tenaga & strategi. Pada awalnya, kita merasa ini butuh banyak tenaga dan harus mengerjakan banyak hal dengan imbalan kecil. Blogging dapat mengurangi & menyita waktu Anda dari mengerjakan proyek-proyek penulisan lain yang sebenarnya dapat Anda lakukan.

Namun sebenarnya, blogging dapat mengubah hidup Anda. Ini dapat membantu Anda untuk membangun brand pribadi yang akan mengarahkan perhatian orang pada diri Anda dan tulisan Anda. Ini dapat berujung pada kesepakatan proyek penulisan baru, menciptakan koneksi-koneksi baru dengan orang lain, dan membuka peluang-peluang baru.

Nah, jangan membiarkan 5 ketakutan atau alasan berikut ini untuk menghalangi Anda membuat blog & menulis di blog (blogging):

1.      Apa ada orang yang akan membaca blog saya?
Ada sebuah fakta menarik. Setiap hari dibuat sekitar 2,5 quintillion bit data baru. (1 quintillion = 1.000.000.000.000.000.000). Suatu jumlah yang sangat besar memang. Data ini dihasilkan lewat blog posts, artikel berita, facebook posts, tweets, live streams, GIFs & pins. Kita ada dalam keadaan kelebihan konten (content overload) secara terus-menerus. Namun kita terus mengkonsumsi dan menginginkan lebih banyak konten lagi.

Maka, kesimpulannya adalah: ya, orang masih terus gemar membaca blog.

2.      Sudah terlambat bagi saya untuk mulai ngeblog (blogging) sekarang.
Memulai sebuah blog dan menulis di blog baru di tahun 2016, padahal sudah banyak orang ngeblog sejak tahun 200-an memang agar menyurutkan niat & motivasi. Anda mungkin merasa “ketinggalan kereta” dan tidak mungkin lagi mengejar.

Namun sebenarnya tidak ada kata terlambat untuk membuat blog & mulai menulis di blog sekarang…

Sekarang sudah banyak aplikasi & perangkat di media sosial untuk membuat blog yang cepat terdeteksi dan berkembang, contohnya Snapchat & Facebook Live yang sudah banyak digunakan oleh para blogger.

Rasanya kalo baru mulai sekarang itu sebuah kekurangan, namun kalau Anda punya pengetahuan praktis dalam hal ini dan menerapkan strategi yang tepat, Anda bisa mengejar ketinggalan.

3.      Saya tidak tahu bagaimana cara membuat website.
Sebenarnya ini bukan alasan yang cukup untuk tidak membuat blog & mulai menulis di blog.

Di tahun 2016, Anda tidak perlu punya kebisaan dalam hal website design, karena sudah ada perangkat (tools) seperti Wix atau Squarespace untuk membuat website secara saderhana & mudah, menggunakan drag-and-drop tools. Belum pernah mudahnya seperti sekarang.

Pertimbangkan untuk menggunakan jasa web designer kalau Anda serius menekuni blogging. Jika Anda kekurangan dana, pikirkan untuk adakan barter dengan kemampuan menulis Anda (writing skills). Ini adalah sebuah win-win solution untuk semuanya.

4.      Apa yang kutulis sudah pernah dikatakan sebelumnya.
Ya, memang benar bahwa sudah ada sangat banyak blog di dunia, sekitar 74 juta blog jumlahnya. Dan ya, jarang ada konten yang sungguh orisinil, banyak subyek yang sama telah dibahas dan diolah dan diubah sana-sini.

Ya, memang sudah pernah ditulis & dibahas sebelumnya, namun bukan oleh Anda!!

Entah blog Anda dikunjungi oleh ribuan orang sehari atau hanya memperoleh 5 pengunjung setia sehari, orang-orang ini ingin mendengar dari Anda karena mereka percaya dan menghargai pendapat & wawasan Anda. Artikel yang Anda tulis mungkin justru sedang sangat dibutuhkan oleh seseorang saat ini. Jangan lupakan itu.

5.      Bagaimana kalau saya kehilangan minat?
Kalau Anda memulai sebuah blog, Anda harus sungguh-sungguh termotivasi untuk mengerjakannya. Anda bangun pagi dan siap untuk menulis dan menerbitkan sebuah posting artikel baru. Namun setelah beberapa bulan Anda mulai merasa bosan & kehilangan inspirasi. Ini adalah ketakutan yang menghalangi para blogger untuk mulai.

Maka, caranya adalah menulis artikel di niche yang Anda gemar tentang itu (passion about that). Para pembaca akan dapat merasakannya dan terhubung dengan Anda jika Anda punya passion tentang itu.

Jika Anda serius dan mengijinkannya, blogging dapat mengubah hidup & dunia Anda, juga karir menulis (writing carrer) Anda.

Namun agar perubahan ini dapat terjadi, jangan biarkan ketakutan menghalangi Anda, dan jangan terus membuat & mencari alasan untuk tidak memulai blog & menulis di blog.

Mulailah sekarang, dan setahun sejak sekarang, atau enam bulan sejak sekarang, atau bahkan beberapa minggu sejak sekarang, you’ll glad you did.

Dialihbahasakan dari “You’re Still Not Blogging? Don’t Let These 5 Excuses Stop You by Jessica Lawlor
Sumber: www.thewritelife.com
Oleh Boni Sindyarta, Psi

Menawarkan jasa terjemahan dari Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia dan sebaliknya untuk buku & artikel psikologi, pengembangan diri, pendidikan, manajemen & rohani.

Juga menawarkan jasa penulisan & edit artikel & ghost writer untuk buku & artikel web konten dengan topik di atas.

Silahkan menghubungi saya melalui email di: bsindyarta@yahoo.com

Komentar

$cocoper6 mengatakan…
Masalahnya hanya konsisten si, banyak yang sekedar buat akhirnya terbengkalai tak pernah terupdate. Bukan begitu?